“Allah angkat derajat orang-orang yang beriman di antara kalian dan yang diberikan ilmu di antara mereka.” [Al-Mujadilah: 11]

Jumat, 30 April 2010

Doa Ketika Bersin Dan Menguap


بسم الله الرحمن الرحيم
Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiallahu'Anhu, dari Rasulullah Shalallahu'Alaihi Wassalam, beliau bersabda :

" Sesungguhnya Allah
Subhanahu wata'alla, menyukai bersin dan membenci menguap. Jika salah seoarang dari kalian bersin, maka hendaklah ia menucapkan 'Alhamdulillah (Segala puji bagi Allah Subhanahuwa ta'alla,)'. Bagi kaum muslimin yang mendengar pujian tersebut hendaknya mengatakan 'Yahhamukallah (Semoga Allah Subhanahuwa ta'alla, memberimu rahmat)', sedangkan menguap merupakan pekerjaan setan. Jika salah seorang dari kalian hendak menguap, maka sebisa mungkin hendaklah ia tahan. Sesungguhnya jika salah seorang dari kalian menguap, maka setan akan mentertawakannya."

Masih dalam riwayat Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah
Shalallahu Alaihi Wassalam, bersabda :
"Jika salah seorang dari kalian bersin, hendaklah ia mengucapkan 'Alhamdulillah (Segala puji bagi Allah)' dan saudaranya atau orang yang bersamanya mengatakan kepadanya 'Yarhamukallah (Semoga Allah 'Subhanallahu ta'alla memberikan rahmat-Nya kepadamu)'. Jika salah seorang mengucapkan 'Yarhamukallah', maka orang yang bersin tersebut hendaklah menjawab 'Yahdiikumullah wayushlih baalakum (Semoga Allah Subhanallahu ta'alla memberikanmu petunjuk dan memperbaiki keadaanmu)."

Kedua hadits ini dikeluarkan oleh Imam Bukhari
Radhiallahu Anhu dalam kitabnya.

Abu Musa Al Asy'ari
Radhiallahu Anhu mendengar Rasululah Shalallahu Alaihi Wassalam, bersabda :
"Jika salah seorang dari kalian bersin, maka hendaklah ia membaca 'Alhamdulillah (segala puji bagi Allah)', dan hendaklah kalian bertasymit (mengucapkan Yarhamukallah). Jika yang bersin tidak mengucapkan pujian kepada Allah, maka janganlah kalian bertasymit." (HR Muslim)


Sumber : Doa-doa Rasulullah oleh Ibnu Taimiyah dengan muhaqqiq (peneliti) Muhammad Nashiruddin Al Albani.
copy from abumuslimsalafi.multiply.com publication shalafushshalih.blogspot.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar